Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Kegiatan | Waktu | Keterangan |
1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideology terbuka | 1.2. menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan | Berikan contoh nilai praksis yang hidup, berkembang, dan dilaksanakan oleh semua warga sekolahmu sebagai wujud dari nilai instrumental, yaitu Tata Tertib Sekolah. | Dikumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya | Terstruktur |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Uraian Kegiatan | Waktu | Keterangan |
1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideology terbuka | 1.3. Menampilkan sikap positif terhadap pancasila sebagai ideology terbuka | Amati perilaku masyarakat sekitar tempat tinggalmu yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila mulai sila pertama sampai kelima. Klasifikasikan menurut masing-masing sila. | Dikumpulkan 3 hari sebelum mid semester. | Tugas tidak terstruktur |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Uraian Kegiatan | Waktu | Keterangan |
2. Menganalisis berbagai isitem pemerintahan | 2.2. Menganalisis pelaksanaan system pemerintahan Negara Indonesia | Gambarkan dalam satu lembar kertas manila struktur ketatanegaraan RI, kemudian analisa serta berikan deskripsi mengenai perbedaannya, baik dari segi lembaga negaranya maupun tugas dan fungsi lembaga Negara tersebut. | Waktu pengumpulan tugas pada pertemuan berikutnya | Di presentasikan di depan kelas. |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Uraian Kegiatan | Waktu | Keterangan |
2. Menganalisis berbagai isitem pemerintahan | 2.2. Menganalisis pelaksanaan system pemerintahan Negara Indonesia | Amati dan analisa pasal-pasal dalam UUD 1945 yang menyangkut system Check anda Balances antar lembaga Negara (Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif), dan buatlah analisamu mengenai check and balances ketiga lembaga tersebut. | Waktu pengumpulan tugas paling lambat 3 hari sebelum ujian semester | Tidak Terstruktur |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Uraian Kegiatan | Waktu | Keterangan |
2. Menganalisis berbagai isitem pemerintahan | 2.3. Membandingkan pelaksanaan system pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan Negara lain | Amati dan analisa berita di TV, Internet, Koran, tentang peristiwa yang terjadi di Negara kita. Tunjukkan kelemahan dan kelebihan system pemerintahan RI dari peristiwa yang terjadi di Negara kita tersebut. | Dikumpulkan paling lambat 3 hari sebelum ujian semester | Tidak Terstruktur |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Uraian Kegiatan | Waktu | Keterangan |
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi | 3.1. Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peranan serta perkembangan pers di Indonesia | Cari berita di Koran atau majalah yang berkaitan dengan fungsi pers sebagai media Informasi, media pendidikan, Fungsi hiburan, fungsi kontrol sosial dan pers sebagai lembaga ekonomi. Berita –berita tersebut dibuat kliping dan dibawahnya diberi deskripsi, yaitu termasuk fungsi apa. | Waktu pengumpulan tugas sebelum ulangan mid semester | Tidak Terstruktur |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Uraian Kegiatan | Waktu | Keterangan |
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi | 3.2. Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peranan serta perkembangan pers di Indonesia | Menganalisis pelanggaran kode etik jurnalistik dari Tayangan TV, siaran radio, atau internet. Pelanggaran tersebut melanggar pasal berapa kode etik jurnalistik. | Waktu pengumpulan tugas pada pertemuan 2 minggu berikutnya | Terstruktur |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Uraian Kegiatan | Waktu | Keterangan |
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi | 3.2. Mengevaluasi kebebasan pers dampak penyalah gunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di indonesia |
| Dikumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya | Terstruktur |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Uraian Kegiatan | Waktu | Keterangan |
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi | 3.2. Mengevaluasi kebebasan pers dampak penyalah gunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di indonesia | Menjadi Reporter dan menyusun pedoman wawancara untuk siaran Radio, atau TV, topik wawancara bebas. | 2 jam pelajaran untuk minggu berikutnya | Tugas terstruktur dan dipraktikkan di depan kelas minggu berikutnya |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Uraian Kegiatan | Waktu | Keterangan |
4. Mengevaluasi dampak globalisasi | 4.1.Mendeskripsikan proses, aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara |
| Dikumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya | Terstruktur |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Uraian Kegiatan | Waktu | Keterangan |
4. Mengevaluasi dampak globalisasi | 4.2. Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan bangsa dan Negara indonesia |
| Dikumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya | Terstruktur |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Uraian Kegiatan | Waktu | Keterangan |
4. Mengevaluasi dampak globalisasi | 4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan Negara indonesia |
| Dikumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya | Terstruktur |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Uraian Kegiatan | Waktu | Keterangan |
4. Mengevaluasi dampak globalisasi | 4.4. Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan Negara indonesia |
| Tugas dukumpulkan pada pertemuan minggu berikutnya | Tugas terstruktur |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Uraian Kegiatan | Waktu | Keterangan |
4. Mengevaluasi dampak globalisasi | 4.4. Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan Negara Indonesia |
| Terserah siswa paling lambat 1 (satu) minggu sebelun ujian nasional | Tugas tidak terstruktur dan dipresentasikan di depan kelas |